Minggu, 06 Juli 2014

Odyssey

 
Odyssey
 ( Yunani : Ὀδύσσεια , Odysseia ) adalah salah satu dari dua karya puisi epik Yunani kuno yang banyak dikaitkan denga nHomer . Puisi ini, sebagian,dari sekuel Iliad , karya lain yang dianggap berasal dari Homer. Puisi ini telah mengilhami karya canon Barat , dan merupakan karya tertua kedua dari literatur Barat,dan Iliad adalah yang tertua. Para ahli percaya puisi ini dibuat pada akhir abad ke-8 SM, di suatu tempat di Ionia , wilayah pesisir Yunani Anatolia .
Puisi terutama berpusat pada pahlawan Yunani Odysseus (dikenal sebagai Ulysses di mitologi Romawi).
 Kisah Odysseus mengatasi berbagai masalah dalam perjalanan panjang sepulang dari Perang Troya merupakan salah satu plot utama dalam Odyssey.
Odysseus dikisahkan merupakan Raja Ithaca, sebuah wilayah di salah satu pulau Yunani.
Terdapat beberapa perdebatan mengenai orangtuanya. Sebagian orang percaya bahwa Odysseus merupakan putra Laertes dan Anticlea.
Namun, dalam tragedi Iphigenia di Aulis, Sysiphus disebut sebagai ayahnya.
Odysseus memiliki istri bernama Penelope dan mempunyai seorang putra bernama Telemachus.
Meskipun Odysseus menikah dengan Penelope, pada awalnya dia berusaha melamar sepupu Penelope, Helen of Troy.


Helen dikenal karena memiliki kecantikan yang menakjubkan. Dia didekati begitu banyak pelamar hingga ayah Helen merasa khawatir para pelamar akan murka saat Helen memilih salah satu diantaranya.
Odysseus memecahkan masalah ini dengan mengharuskan setiap pelamar mengambil sumpah untuk membela suami yang dipilih Helen.
Ketika semua pelamar, termasuk Odysseus, mengambil sumpah, Helen akhirnya memilih Menelaus.
Karena tidak berhasil mendapatkan Helen, Odysseus lantas memilih Penelope sebagai pasangannya.
Penculikan Helen oleh Paris merupakan peristiwa yang memulai Perang Troya. Setelah penculikan, Menelaus meminta semua pelamar untuk membantunya merebut kembali Helen.
Para pelamar, termasuk Odysseus, datang untuk memenuhi janjinya dalam upaya menyelamatkan Helen.
Saat menuju Perang Troya, Odysseus harus meninggalkan Penelope dan anaknya di Ithaca.
Odysseus adalah tokoh kunci dalam Perang Troya. Namun, kisah utama dalam Odyssey justru berkisar pada perjalanan pulang amat panjang yang harus dia tempuh sekembalinya dari Perang Troya.
Pada perjalanan pulang, Odysseus berkali-kali mengalami hambatan diantaranya berurusan dengan Cyclops yang mengerikan, anak buah yang dibius, penyihir wanita, dan perairan yang tidak aman.
Sesampainya di Ithaca, masalah tidak begitu saja selesai. Istrinya, Penelope, ternyata sudah dikelilingi pelamar yang ingin memperistrinya karena menyangka Odysseus telah tewas.
Dengan menggunakan kecerdikannya, Odysseus berhasil melewati rintangan ini dan berkuasa lagi sebagai Raja Ithaca.

Sumber : http://en.wikipedia.org/wiki/Odyssey
http://www.amazine.co/24731/siapakah-odysseus-kisah-tokoh-utama-dalam-epik-odyssey/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar